Minggu, 14 Mei 2017

Radio Frequency Identification Device (RFID)

Radio-frekuensi identifikasi (RFID) adalah penggunaan sistem non-kontak nirkabel yang menggunakan frekuensi radio medan elektromagnetik untuk mentransfer data dari tag yang melekat pada suatu objek, untuk tujuan identifikasi otomatis dan pelacakan. Beberapa tag memerlukan baterai dan tidak ada yang didukung oleh medan elektromagnetik yang digunakan untuk membacanya. Lainnya menggunakan sumber daya lokal dan memancarkan radio gelombang ( radiasi elektromagnetik pada frekuensi radio). Tag berisi informasi yang disimpan secara elektronik yang dapat dibaca dari sampai dengan beberapa meter (meter) jauhnya. Tidak seperti bar code , tag tidak perlu berada dalam garis pandang pembaca dan dapat tertanam dalam objek yang dilacak.
RFID tag yang digunakan di banyak industri. Sebuah tag RFID melekat pada mobil selama produksi dapat digunakan untuk melacak kemajuan melalui jalur perakitan. Farmasi dapat dilacak melalui gudang. Ternak dan hewan peliharaan mungkin memiliki tag disuntikkan , memungkinkan identifikasi positif dari hewan.
Karena RFID tag dapat melekat pada pakaian, harta, atau bahkan tertanam di dalam orang , kemungkinan membaca informasi pribadi-terkait tanpa persetujuan telah menimbulkan kekhawatiran privasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar